PutroWayang.com

Silaturahmi ke Rumah Sasongko – eps2

Hey jumpa lagi dengan kami disini. Alhamdulillah ditengah kesibukan tim putrowayang.com kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tulisan singkat saat tim putrowayang.com silaturahmi ke rumah sasongko. Pada tulisan ini Silaturahmi ke Rumah Sasongko – eps2, kami beruntung hampir 1 hari full diajak berkeliling oleh pak Agung untuk mengunjungi beberapa tempat (yang sebenarnya masih banyak sekali) usaha di Rumah Sasongko (Jaringan Rumah Usaha).

Seperti informasi di artikel sebelumnya , kali ini kami diajak memasuki dapur Red Sugar Studio. Red Sugar Studio adalah pembuat komik soekirman yang sudah lumayan terkenal dikalangan penghobi komik terutama komik lokal, jika teman-teman ingin membaca komik soekirman silakan baca aja di webtoons dijamin bisa nyengir, ngakak deh :D. FYI dari mas Yoga Danu si empu pembuat cerita komik soekirman tahun ini mereka juga akan hadir di Ciayo Comic. Tim putrowayang.com sempat mengabadikan dengan tim Red Sugar Studio (komik soekirman)

tim putrowayang.com di apit oleh tim komik soekirman

tim putrowayang.com di apit lagi oleh tim komik soekirman

kami juga sempat mengajukan pertanyaan-pertanyaan simpel karena kami masih awam dalam dunia komikus :D. Kesempatan langka itu kami gunakan untuk bertanya kepada mas Yoga Danu.

Q: Mengapa memilih karakter tukang parkir pada komik soekirman ?

A : Kami mencari keunikan dari Indonesia dan kami memilih karakter tukang parkir, dimana tukang parkir hanya ada di Indonesia.

Disini kami bukan mendeskreditkan profesi tukang parkir namun itu hanya karakter unik yang dipilih oleh komik Soekirman, dan ini keunikan Indonesia yang negara lain tidak ada profesi ini. Pertanyaan selanjutnya masih pertanyaan mendasar.

Q: Darimana Red Sugar Studio mendapatkan benefit dari komik soekirman di webtoons ?

A: Red Sugar Studio dengan komiknya soekirman sudah di kontrak oleh webtoons sehingga mereka mendapatkan royalti dari karya komik tersebut, namun tidak instant untuk bisa mendapat penawaran kerjasama kontrak oleh webtoons.

Bukan tidak mungkin teman-teman komikus pemula bisa mencapai titik tersebut. Untuk teman-teman yang memang suka membaca komik atau memiliki skill membuat komik, kalian bisa ikutan webtoons challenge dimana teman-teman bisa mempublikasikan karya kalian sendiri, sekaligus menjadi tolok ukur apakah komiknya di minati banyak orang atau belum. Jika belum kalian bisa meng-improve cerita atau sentuhan gambar.

Oiya ternyata Red Sugar Studio selain menerbitkan komik soekirman mereka juga menerbitkan beberapa komik lain seperti, Komik Patah Hati (KPH) dan Galaxin, itu juga produksi dari Red Sugar Studio. Mohon do’a dari para pembaca semua, semoga putrowayang.com kedepannya juga bisa memiliki jenis usaha digital creative untuk kategori komik, dan kami dengan senang hati akan merangkul siapapun yang memiliki semangat belajar 🙂

Tim putrowayang.com masih ingin tetap disini namun waktu terus berjalan sehingga memutuskan kami untuk pamit dan lanjut ke tempat selanjutnya, dimana tempat selanjutnya ? Tunggu aja updatenya 😀

Tulisan ini masih jauh dari sempurna, tapi harapan kami bukan pada kesempurnaan, namun pada proses dimana semoga tulisan ini bisa diterima dan membantu para pembaca semua memiliki pemahaman bahwa di era saat ini masih sangat luas industri digital creative dan untuk teman-teman yang memiliki bakat namun terbentur pada gelar pendidikan, kalian gak perlu khawatir industri ini tidak berorientasi pada gelar pendidikan, tapi jika ada kemampuan tetaplah melanjutkan pendidikan, tapi apapun itu semua pilihannya masin-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *